Kamis, 02 Juli 2009

belajar utak-atik blog sendiri

Posted by Hizkia Wellyadi 11.34, under | 1 comment

Cara Belajar Utak-atik Blog Sendiri E-mail


Setiap orang belajar tentunya segala macam cara akan ditempuh, dari buku, dari internet, tutorial, dan lain-lain. Kalau kita melihat blog orang lain yang terdapat widget yang menarik atau memang widget yang sebenarnya kita perlukan dan kita belum bisa cara membuatnya, maka kita akan berusaha mencari tutorialnya.
Pernah saya malas mencarinya. So apa yang saya lakukan? Yaitu meng-copy judul dari widget tersebut. Di sini saya contohkan di blog saya kelikerlambang.blogspot.com dengan judul widget tukar link. lihat pada gambar, judul tersebut saya blog atau sorot, klik kanan, pilih copy.

cari widget

selanjutnya adalah melihat source code-nya melalui menu View dan pilih source,

view-source-code

maka akan muncul blog tersebut dalam bentuk script. Perlu diketahui bahwa blogspot menggunakan bahasa html script, java script, dan css. Bahasa ini termasuk dalam bahasa client side, artinya bahwa program itu dijalankan di computer client (computer kita masing-masing), seperti halnya yang berbasis flash. Pernah kan kita menjumpai suatu animasi di website atau blog yang tidak muncul, itu dikarenankan di computer yang kita pakai belum terinstall flash player. Setelah flash player terinstall baru animasi tersebut bisa muncul. Berbeda dengan PHP, bahasa tersebut dijalankan di tempat server atau disebut server side. Sehingga script PHP tidak akan muncul jika dilihat source codenya dari client.

Dalam tutorial blog dengan judul “cara belajar utak-atik blog sendiri” ini adalah widget yang buatan pemilik blog, bukan widget yang dari penyedia layanan widget seperti halnya shoutbox shoutmix, statistic alexa ataupun indicator pagerank, hit counter dan lain-lain.

OK, sekarang kita lakukan aksi berikutnya.
Di tampilan source code tersebut cari judul tersebut melalui menu Edit find,

find

paste judul tersebut ke form pancarian dan klik next.
Setelah ketemu copy script yang ada di bawah judul urut kedua dari pembuka sampai penutupnya. Lihat pada gambar :

copy script

Dan paste di tempat sementara. Word atau notepad, monggo sesuka Anda.
Login ke blog Anda, tambahkan widget, pilih widget html/javascript, paste kode tersebut, beri judul widget menurut selera Anda, simpan dan terakhir lihat halaman depan blog Anda.

Jika ukuran tidak sesuai dengan keinginan, Anda bisa mengubah dengan meng-edit parameter row dan colom. Anda harus berani selalu mencoba. Try and error.

Sumber : http://Erlambang.com

1 komentar:

Sepertinya artikel menarik sekali nih, aku kopas teman... buat arsip bacaan... thanks untuk informasinya. Mengenai artikel terkait, sepertinya diletakan sebelum readmore, harusnya setelah readmore, saya perhatikan data:post.body ada dua,coba tukar tempat... Kalo masih belum berhasil, silahkan backup template dan kirim ke email saya, saya coba membantu... terima kasih telah berkunjung....

Posting Komentar

Sialahkan kawan berkomentar tentang artikelnya...karena komentar kawan sangat berarti bagi blog ini...^_^
Terima Kasih